Semoga Menjadi Haji Mabrur, Sir!

Di kamar yang gelap remang – remang, meskipun hari masih jam 1 siang (itu karena pencahayaan di kamarku yang kurang) tiba-tiba terdengar bunyi hape-ku, “Kriiiing…!!!!”, Eh HP apaan tuh koq bunyinya kring? Yah sulit mendeskripsikan bunyi hp-ku. Jadi pake bunyi yang umum didengar saja. “Ternyata cuma misscall aja dari mr.call”, ujarku kecewa. Dari J-rock, temanku yang paling ngocol abis, agak konslet dikit orangnya hi..hi… Ngapain anak nih miscall. Oh ya, aku baru teringat, bagaimana kabar skripsinya setelah pertemuan yang menyakitkan di kantor dosen pembimbing kita berdua.
Kebetulan J-rock dan aku satu bimbingan dengan Mr. Dj. Dan tentunya bernasib sama mengejar skripsi bulan Januari tahun depan😥. Alasannya, yah karena biaya, mengejar jodoh, karir…apalagi ya? hi..hi…nggak sih!udah sumpek kali di kampus. Sempat sakit hati ama J-rock temanku ini karena aku memastikan hanya dia dan binti yang bisa maju dan menempati “Hot Seat”. Sedangkan aku sudah dapat sindiran dari Mr. Dj, “Saya baru melihat kamu akhir-akhir ini saja ya?”. Aku cuma nyengir saja sambil menjawab “Yes, Sir..!”. Yeah..mungkin itu juga alasan Mr. Dj tidak mengijinkanku maju untuk ujian skripsi tahun depan karena beliau akan mengerjakan rukun Islam yang kelima.
“Saya hanya bisa mengoreksi skripsi kalian yang memang benar-benar maksimal dan pastinya sudah selesai!, ujar Mr. Dj. “I’m very busy preparing all of job that must I do, preparing the examination of my student, paying electrical bill, bla..bla..bla…”
“Jadi saya hanya bisa menyarankan kalian sebaiknya ujian setelah saya pulang dari Makkah.”
Hah…jadi harus menunggu haji mabrur dulu baru bisa ujian? Batinku. Karena aku memang belum pernah nampang ke Mr. Dj jadi dengan berusaha ikhlas aku merelakan untuk menganggukkan kepala. Seperti seorang perempuan yang ditawari untuk menikah.
Akan tetapi temanku J-rock tetap siap maju ke medan perang dengan segala resiko. Tapi yah…sudahlah artinya ujian selanjutnya ruangannya lebih longgar gak ada kamu J-rock. B temanku juga, hiks…B…why you leave me alone? Eh nggak ding…masih ada jerry, ust W, de el el. Agak tenang sedikit.

Kembali ke misscal tadi, akupun menanyakan kembali bagaimana nasibnya dan B. Dengan sms tentunya, nggak usah telepon la wong sama-sama pake IM5.
Aku: “Hey ada apa bro kok mcl2? Gmn nsb skripsimu?”. Dalam hatiku sich..hik …nggak setia kamu J-rock, meninggalkan temenmu ini.
J-rock: “Lbh baik kau bunuh aku dgn pedangmu, asal jgn kau corat-coret skripsiku. Lebih baik aku jadi pembantumu drpd aku jd penghuni rental yg terakhirku. Tiada nama yg membuat aq lbh putus asa kecuali nama dia. Tangisan deras pun tiada gunanya, yaaa…nasib lbh baik plg kmpung, bantu jualan rujak drpd mikir orang yg sdg bribadah di tanah suci. Entah seribu dukun yg ampuh pun mgkn blm sanggup tuk melunakkan hatinya-kecuali ganti hati- “
Aku: “Halow! mellow bgt sih..yah jangan gitu donk J-rock…emg skripsimu kapan U ambil? udah dpt Acc? Ups ya kalo bisa jangan jualan rujak..tapi lalapan atau apa gitu…he..he…
J-rock: “Entah nunggu Gunung Kelud mletus kali br di acc. Atau bapaknya jadi Gubernur di Papua baru murah acc. Mungkn stlh bapaknya dpt gelar haji MABRONG. Aku baru ambil. Aq+B td kesana (reg: kerumah Mr. Dj). Aq+B pgn mati bersama ktk halilintar menyabet kupingku. Kita apes dpt DP kayak gitu.”
Aku:” loh jadi skripsi kalian gak jadi di-Acc bapaknya?”
J-rock: “Pe2n.. posi2 pean dmn? Aku pengen nangis di pangkuanmu sejadi2jadinya. Tau dukun ampuh dmn?”
Hi..hi..aku ketawa aja baca sms dari J-rock ini..
Aku:”Ya sini menangislah di telapak kakiq! mngkin emg udh jalannya qt dipertemukan eh..slh..mgkn qt emg dberi kesempatan u/ lbh mantepin hati. Jgn sdih bro prjuangan belum berakhir. Gak ada yg salah disini ok! SEMANGAT!!! Cep..cep..jgn nangis gitu donk.”
J-rock: “Udah dapat gelar jomblo sejati+jejaka tua dikampus. Mau ditaruh dmn mukaq?!! U di Batu ta? kapan qt bunuh diri secara kolektif di rumah bapaknya?”
Aku: “Halow guys..nyebut2..jgn bunuh diri dl, utangmu masih banyak di aku enak aja! Lebih baik qt kerumah bapaknya stlh pulang haji smbl ACC+ minta sajadah, kudung, peci yg banyak :- ) (maksudku tuh untuk menghibur dia). Btw statusmu kok sama sih ma aku hiks….
J-rock: “Jgnkn minta peci! wong aku ksn bnyk ja2n gak ditawari. Bapaknya ambil aqua lo ,kita2 gak dikasih, malah diminum sendiri. Tanya aja ama B. Bpknya gak bersahabat ma sX. Makanya qt2 putus asa bgt kok ada orang seperti itu. Sms aja B mgkn dy masih nangis tuh.”
Aku kembali tergelak dengan kata-kata temanku ini. Ya jelaslah bapaknya tidak menawari dia kue atau minum. Mungkin Mr.Dj tau kalau wajah J-rock itu kelihatan kalau tukang habisin makanan. Hi..hi… Jadi teringat di Yogya dulu, waktu kita makan bareng 1 nampan bertujuh, setelah kita kerja bakti membersihkan puing-puing bangunan sisa gempa dahsyat itu. J-rock yang paling lahap alias doyan makannya. Laukku saja dimakan juga. Ah…Yogya..Yogya…Eh koq jadi teringat kenangan di Yogya bersama teman-teman hi..hi..lanjut..! Sms dari J-rock nggak aku balas lagi, meskipun Bonus 10 sms masih sisa 4. Eh ada sms masuk lagi. Dari J-rock lagi.
J-rock: Pe2n lagi bingung ta? Kita doakan brsm2 mg2 gak bisa kmbl ke tanah air n menetap trus di Makkah. Biar g’ngribetin kampus. Tahan amarah u, sabar Insya Allah beliau kan dpt balasan atas perlakuannya pada kita di tanah suci Mekah. Amin.. ini kata2nya B. Entah berapa ratus juta kali lagi aq habiskan hny untuk mengobati bab 1-3. Mudah2an dia kecantol cewek Mekah biar …tiit…disensor…
Waduh…anak ini emang bener-bener lagi stress nih. Minta dirukyah.
Aku: “Eh jangan gitu donk…aq tau U kecewa banget, aq juga gitu stlh qt nemui Mr. Dj kemarin. Kalo Mr. Dj g’kmbl gmn donk skripsi kita. Come on don’t give up guys! Kita sama-sama doain yang baik2 aja yach. Bwt Mr. Dj dan untuk skripsi kita. Biar semuanya berjalan lancer Oce! SEMANGAT!
Tidak ada balasan lagi dari J-rock. Fiuh..syukur dech. Ya Allah Semoga dengan tidak jadinya aku dan teman-temanku ujian tahun depan mungkin nanti kita mendapatkan kemudahan dan hasil yang memuaskan amiiin…..
Mr. Dj..maafkan kami pak sudah mengganggu perjalanan haji bapak. Semoga bapak selamat dalam perjalanan Haji nanti dan kembalinya nanti…dan jangan lupa di Acc ya pak..he..he..Saya mewakili teman teman mendoakan semoga bapak menjadi haji yang mabrur. amiin…

Tinggalkan Balasan

