Ramadhan kali ini….

Marhaban ya Ramadhan…

Ramadan tahun ini saya lalui bersama keluarga di Probolinggo, karena biasanya saya melewati Ramadhan bersama teman-teman dan murid di kota dingin. Rindu sekali dengan suasana di Malang….

Suasana Ramadhan di kotaku dibilang biasa juga tidak, dibilang luar biasa juga tidak. Mungkin cuma perbedaan cuaca di kota Batu dan Malang yang brrrrr….. dan di kota kecilku Probolinggo yang panas dan angin yang cukup kencang juga (fiuh…). Akan tetapi bagi saya itu hal tersebut tidaklah penting. Bagaimana sebenarnya kita memaknai arti Ramadhan sesungguhnya. Arti Ramadhan ada di “qalbu” kita masing-masing. Tiap individu berhak memaknai Ramadhan menurut qalbunya.

Hari ini saya diajak berbuka bersama anak-anak panti asuhan oleh teman saya. Kembali saya menemukan suasana yang sangat berbeda dengan suasana Ramadhan di tahun sebelumnya. Bercengkerama dengan anak-anak yang sebagian adalah murid saya, dan sebagian besar pula adalah yatim piatu membuat hati saya bergetar hebat. Dari tawa … senyum yang mereka tunjukkan tidak terlihat bahwa mereka bersedih karena tidak bisa berkumpul untuk berbuka bersama kedua orang tua mereka. Andaikan saya berada di tempat mereka, entah apakah saya bisa setegar dan sebahagia mereka. Ramadhan kali ini benar-benar berkah dan bermakna bagi saya….

Marhaban ya Ramadhan….

2 thoughts on “Ramadhan kali ini….

  1. Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamualaikum wr wb

    Selamat hari Raya Idul Fitri 1429 H.

    Mohon maaf atas semua salah, khilaf, tulisan yang menyakitkan hati, menyinggung perasaan, serta bersitan-bersitan hati yang pernah berprasangka.

    Semoga Allah SWT menyempurnakan pahala ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini.

    Semoga Allah SWT selalu mencurahkan hidayahnya, agar kita mampu meningkatkan kualitas ibadah kita pada Nya.

    @arifrahmanlubis
    Wa’alaikumsalam warahmatullah…

    Amin…amin…
    sama…sama…. ngapunten kalo ada kata2 di tulisan saya juga yang menyakitkan hati semuanya…..
    Selamat hari Raya Idul Fitri….

Tinggalkan Balasan

